Soroti Kualitas Wasit, Leonardo Medina: Liga Indonesia Butuh VAR

Soroti Kualitas Wasit, Leonardo Medina: Liga Indonesia Butuh VAR. Pelatih PERSIS Solo Leonardo Medina soroti buruknya kualitas wasit BRI Liga 1, usai timnya kalah dari tuan rumah Bali United dengan skor 1-3 pada laga di Maguwoharjo Sleman, Senin (27/2) sore.

Pelatih asal Mexico itu menilai Liga Indonesia akan bisa menjadi lebih baik jika ada perbaikan kualitas wasit.

“Liga ini perlu peningkatan kualitas wasit apabila ingin berjalan lebih baik. Laga tadi ada 22 pelanggaran tapi hanya tiga kartu kuning,” ungkap Leo pada jumpa pers usai laga.

Baca Juga : PERSIS Menyerah 1-3 dari Bali United

Eks asisten pelatih Johor Darul Takzim itu juga menyoroti kepemimpinan wasit Yudi Nurcahya yang kerap kali ragu-ragu dalam membuat keputusan.

Bali bermain baik, tapi yang harus disoroti adalah kepemimpinan wasit hari ini perlu dibenahi. Liga Indonesia butuh VAR, karena wasit terlihat sering ragu-ragu dalam membuat keputusan

Leonardo Medina – Pelatih PERSIS Solo

Penilaian Leo terhadap wasit juga diamini gelandang PERSIS Sutanto Tan. Menurut pemain kelahiran Pekanbaru itu, wasit sering kali membuat keputusan yang dirasa berat sebelah.

“Memang benar ada beberapa keputusan yang tidak dilakukan dengan baik oleh seorang wasit, itu yang harus diperbaiki. Tapi kita terus fight dan tidak patah semangat untuk laga-laga selanjutnya,” ujar Sutanto.

Di lain sisi, Leo kerap memainkan Sutanto di beberapa posisi yang berbeda dari posisi aslinya. Bukan soal kekurangan pemain di posisi tertentu, tapi menurut Leo itu adalah bagian dari taktik yang dia racik.

“Sutanto adalah pemain yang cerdas. Bisa melakukan build up dan senang membawa bola. Dia juga bisa menemukan ruang ketika dipercaya diberbagai posisi, ini adalah bagian dari strategi,” beber Leo.

Selanjutnya PERSIS Akan Berhadapan Dengan PSM Makasar

Selanjutnya PERSIS akan menantang tuan rumah PSM Makassar pada Minggu (5/3) sore mendatang. Melawan PSM yang saat ini menjadi pemuncak klasemen, tak membuat PERSIS gentar meski saat ini tertahan di posisi 11 klasemen sementara BRI Liga 1.

“Kita akan menampilkan karakter permainan PERSIS yang selalu mengincar kemenangan di setiap laga,” lanjut Leo.

Akan melawan mantan tim yang pernah dibelanya, tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Sutanto Tan. Dirinya mengaku siap memberikan yang terbaik jika dipercaya pelatih untuk bermain dari menit awal.

“Pelatih tentu lebih tahu bagaimana persiapan kita. Saya percaya kepada pelatih, pelatih selalu punya keputusan yang pas. Semua pemain selalu siap untuk meraih poin di laga selanjutnya,” tutup gelandang bernomor punggung 22 itu.

(Isnu Haryanto/ Foto: Okta Riska)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!