Jadwal Liga 1 Jadi Sorotan, FIFA Atur Kick-off Lebih Awal

Presiden Joko Widodo menjalin komunikasi langsung dengan federasi sepak bola dunia, FIFA, terkait rekomendasi transformasi sepak bola Indonesia pasca tragedi Kanjuruhan.

FIFA telah berkirim surat kepada Jokowi, yang berisi rekomendasi untuk mendorong perbaikan kompetisi sepak bola di Indonesia. Yang salah satu poin sorotannya adalah soal waktu pertandingan yang terlalu malam.

“Tinjauan terhadap penjadwalan dan waktu pertandingan akan dilakukan, dengan tujuan khusus untuk menghindari waktu pertandingan yang dapat meningkatkan profil risiko pertandingan tertentu,” tulis FIFA dalam surat itu, dikutip pada Sabtu (8/10).

Seperti diketahui, laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, yang dimenangkan Persebaya dengan skor 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10) malam, berakhir ricuh. Insiden ini menyebabkan 131 orang meninggal dunia akibat berdesak-desakkan di lorong stadion, demi menghindari gas air mata yang beberapa kali ditembakkan oleh polisi.

Kejadian di Kanjuruhan itu sangat mengejutkan publik sepak bola Indonesia hingga mancanegara. Beragam aksi dukungan untuk korban digelar di berbagai tempat di Tanah Air. Bahkan semua pertandingan sepak bola di dunia dimulai dengan mengheningkan cipta untuk mengenang korban tragedi ini.

Pertandingan Arema vs Persebaya yang digelar mulai pukul 20.00 WIB, dinilai terlalu malam untuk sebuah laga derby yang panas dan sarat gengsi. Bahkan sebelumnya panpel dan pihak keamanan sudah merekomendasikan untuk perubahan jadwal pertandingan digelar sore hari, namun pengajuan perubahan jadwal tidak disetujui oleh PT Liga Indonesia Baru selaku operator liga.

Dan hal ini menjadi poin sorotan FIFA terkait penjadwalan kompetisi. “FIFA akan mengatur penjadwalan pertandingan tidak lebih dari jam 5 sore dan di televisi hanya pada hari Sabtu dan Minggu. Korelasi antara kick-off lebih awal dan pengurangan insiden peristiwa kekerasan di tempat lain,” sambungan isi surat FIFA itu.

(Isnu Haryanto/ Foto: Okta Riska)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!