Prediksi Susunan Pemain PERSIS vs PSIS: Dua opsi barisan depan, bisa jadi kejutan

PERSIS Solo minus dua pemain kunci saat menjamu PSIS Semarang pada lanjutan pekan kedelapan kompetisi BRI Liga 1 2022/23 pada Sabtu (3/9) sore nanti.

Bomber Fernando Rodriguez dipastikan absen karena terkena sanksi larangan main satu kali dari Komisi Disiplin PSSI. Satu lagi pemain yang selalu masuk line up, yakni Zanadin Faris juga tidak bisa memperkuat tim Laskar Sambernyawa karena sedang menjalani training center bersama tim Indonesia U-19 di Jakarta.

Absennya dua pemain itu diprediksi akan mengubah sedikit pada strategi dan susunan pemain yang akan dimainkan pelatih Rasiman.

Jika biasanya Rodriguez berdiri tunggal di depan, kali ini pelatih PERSIS, Rasiman punya opsi untuk memainkan duet Samsul Arif dan Ferdinan Sinaga untuk memperkuat daya gedor.

Pada jumpa pers pra laga, Rasiman sempat memberikan keterangan soal absennya Rodriguez. Pelatih asal Banjarnegara itu mengaku sudah menyiapkan kejutan untuk meredam PSIS. “Kita menyiapkan kejutan besok (hari ini),” ungkapnya, Jumat (2/9) sore.

Selain duet Samsul-Ferdinand, bisa saja Rasiman akan langsung memasang tiga bomber di depan. Memainkan trio Irfan Jauhari, Samsul, dan Ferdinan bisa menjadi pilihan.

Jika hanya memainkan duet Samsul dan Ferdinan, posisi winger Ryo Matsumura di sisi kiri dan Althaf Indie di kanan adalah opsi yang hampir paten di beberapa pertandingan terakhir PERSIS. Namun jika pilihan jatuh pada tiga striker, posisi Jauhari akan sedikit ditarik kebelakang untuk menyeimbangkan sisi sayap kanan.

Untuk urusan membagi bola, ada beberapa pilihan. Kanu Helmiawan, Taufiq Febriyanto dan Alexis Messidoro adalah tiga pemain yang berkarakter. Taufiq cukup lugas untuk memutus serangan, sementara Kanu mahir dalam menyuplai bola ke sayap maupun bola direct ke arah kotak 16 besar. Sementara Messidoro punya kecepatan dan rajin menyisir ke semua sisi pertahanan lawan.

Di sisi pertahanan, sebenarnya cukup banyak mendapat sorotan karena PERSIS hingga pertandingan kedelapan sudah kebobolan 11 gol. Namun pilihan tetap pada duet palang pintu Jaime Xavier dan Fabiano Beltrame serta Andri Ibo dan Abduh Lestaluhu di sayap belakang. Sementara untuk urusan menjaga gawang, pilihan pertama tetap pada M Riyandi yang sudah menunjukkan penampilan terbaik dalam beberapa pertandingan terakhir.

Prediksi susunan pemain PERSIS vs PSIS:
Penjaga Gawang: M Riyandi
Belakang: Andri Ibo, Jaime Xavier, Fabiano Beltrame, Abduh Lestaluhu
Tengah: Taufiq Febriyanto, Kanu Helmiawan, Ryo Matsumura, Althaf Indie
Depan: Samsul Arif, Ferdinan Sinaga

Cadangan: Gianluca Pendeynuwu, Arapenta Poerba, Rian Miziar, Eky Taufik, Sutanto, Irfan Jauhari, Irfan Bachdim, Chrystna Bhagascara, Alfath Fathier, Kevin Gomes

(Isnu Haryanto/ Foto: Okta Riska)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!