PERSIS vs PERSITA: Babak Kedua PERSITA Membalikkan Keadaan, PERSIS Kalah Lagi

PERSIS Solo tak mampu mempertahankan keunggulan 1-0 di babak pertama saat menjamu PERSITA Tangerang pada laga pekan keempat kompetisi BRI Liga 1 2022/23 di Stadion Manahan Solo, Minggu (14/8) malam. PERSITA justru berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 di babak kedua sekaligus memenangkan laga.

Belum meraih satupun poin hingga pekan keempat ini, membenamkan posisi Laskar Sambernyawa di dasar klasemen sementara BRI Liga 1 2022/23, dengan raihan memasukkan empat gol dan kemasukan sembilan gol.

Jalannya pertandingan babak pertama PERSIS langsung menggebrak, sisi kiri pertahanan PERSITA beberapa kali mendapat tekanan oleh Althaf Indie hingga dijatuhkan Paulo Sitanggang dan berbuah kartu kuning menit 6′.

Sepuluh menit berjalan pertahanan PERSITA terus dikurung pasukan Laskar Sambernyawa, di sisi sayap kiri kerjasama Abduh Lestaluhu memberikan peluang untuk pemain asing baru Ryo Matsumura, sayang tembakannya masih melambung.

Menit 18′ kembali kerjasama apik Ryo dan Abduh berakhir umpan silang untuk Fernando Ortega yang siap di depan gawang, sayang kiper PERSITA Dhika Bhayangkara lebih sigap memotong bola.

PERSIS hampir saja membuka keunggulan menjelang akhir babak pertama, berawal dari kerjasama Althaf dan Ryo lalu melepaskan umpan ke Messi sayang tembakannya mampu ditepis Dhika.

Laskar Sambernyawa akhirnya memecah kebuntuan dan membuka keunggulan di menit 45′ dari titik putih. Bermula dari perebutan bola M Kanu di sektor tengah dan sukses melepas umpan ke kanan, Althaf yang menerima bola langsung menusuk ke area kotak penalti berujung pelanggaran oleh pemain belakang PERSITA. Wasit langsung menunjuk titik penalti, Messidoro yang menjadi algojo sukses menjebol gawang Dhika dan menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0 untuk PERSIS.

Babak kedua berjalan baru dua menit PERSIS langsung mengancam pertahanan PERSITA. Ryo yang bergerak dari sisi kiri melepaskan tembakan melengkung, tapi masih sedikit menyamping di kiri gawang Dhika.

PERSITA membalas ketertinggalan menit 54′ melalui gol yang dicetak Ezequiel Vidal yang memanfaatkan bola rebound, dimana sebelumnya tembakan salah satu pemain Laskar Cisadane berhasil diblok kiper PERSIS Riyandi. Mengubah skor menjadi 1-1.

Dua menit berselang PERSIS membangun serangan dari tengah, kerjasama Messi dan Althaf menghasilkan dua peluang, tapi penyelesaian Fernando belum menemukan sasaran.

Menit 61′ Pelatih PERSIS, Jacksen Tiago melakukan sedikit penyegaran dengan memasukkan Gavin Kwan menggantikan Althaf. Empat menit kemudian Vidal hampir saja membalikkan keadaan untuk PERSITA. Menyisir dari sisi kanan, Vidal melepaskan tembakan ke gawang tapi masih mampu ditepis Riyandi.

PERSITA akhirnya membalikkan keadaan usai menambah gol menit 71′ lewat tendangan bebas Ramiro Fergonzi, mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan anak-anak Tangerang.

PERSIS kembali melakukan pergantian pemain. Eky Taufik, Sutanto, dan Fernando keluar digantikan Zanadin Faris, Samsul Arif dan Ferdinan Sinaga. Pergantian itu cukup memberikan sedikit tenaga di sektor depan, tapi sayang beberapa peluang belum ada yang mampu dikonversi menjadi gol.

Menjelang akhir babak kedua justru PERSITA yang gantian menguasai permainan. Beberapa ancaman di depan gawang PERSIS tercipta, tapi tidak ada yang berbuah gol tambahan bagi PERSITA. Hingga babak kedua berakhir kedudukan tetap sama 2-1 untuk kemenangan Laskar Cisadane.

Daftar Susunan Pemain PERSIS vs PERSITA:

PERSIS Solo:
M RIYANDI (GK), EKY TAUFIK (C), FABIANO BELTRAME, JAIME XAVIER, ABDUH LESTALUHU, ALEXIS MESSIDORO, M KANU, RYO MATSUMURA, SUTANTO TAN, ALTHAF INDIE, FERNANDO ORTEGA
Cadangan: GIANLUCA, ANDRI IBO, GOMES, RIAN MIZIAR, ARAPENTA, GAVIN KWAN, TAUFIQ, ZANADIN, FERDINAND, SAMSUL
Pelatih: JACKSEN TIAGO

PERSITA Tangerang:
DHIKA BHAYANGKARA (GK), ARIF S, M RIFQI, Z TOHA (C), Y KANDAIMU, FAREZA, GHOZALI, VIDAL, PAULO SITANGGANG, SIN YEONG, FERGONZI
Cadangan: R DARMAWAN, WAMIAU, MOCH IRVAN, ABU RIZAL, DADANG, E BASNA, NELSON ALOM, HERI S, WILDAN, OSAS SAHA
Pelatih: ALFREDO VERA

(Isnu Haryanto/ Foto: Okta Riska)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!