Persis Solo Vs PSIS Semarang: Duel Antar Lini

Laga sarat gengsi akan tersaji di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/6) sore. Dimana Derby Jateng akan digelar, mempertemukan tuan rumah Persis Solo melawan PSIS Semarang. Bagi kedua tim, kemenangan jadi hal yang mutlak untuk didapatkan, untuk mengamankan peluang lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2022.

Jika berbicara soal kualitas pemain, tentu tak perlu diragukan lagi. Kedua tim memiliki komposisi pemain yang mumpuni, dan memiliki kualitas yang cukup baik untuk bersaing dengan para kompetitornya. Walau Persis adalah tim yang baru promosi di Liga 1, dari sisi kualitas Laskar Sambernyawa cukup serius menatap musim ini.

Pemain yang sudah bergabung adalah kombinasi dari pemain lama yang ikut membawa Persis juara Liga 2 2021, rekrutan baru, dan pemain Persis Youth yang dipromosikan di tim senior.

Melawan PSIS nanti, para pemain Persis akan berduel dengan para pemain terbaik PSIS. Dan pemain di bawah ini, diprediksikan akan saling jegal di lapangan agar bola yang mereka pegang tak diambil lawan. Berikut catatannya:

Irfan Bachdim vs Fredyan Wahyu

Posisi winger kanan Persis Solo di laga perdananya di Piala Presiden melawan PSS Sleman (11/6) jadi tugas utama Gavin Kwan di babak pertama, dan di babak kedua jadi tugas Althaf Indie. Namun jika kita bicara siapa pemain yang sepertinya akan diturunkan di posisi ini, bisa jadi sosoknya adalah Irfan Bachdim. Pemain yang mencetak dua gol kemenangan Persis di final Liga 2 melawan RANS tersebut baru ikut berlatih beberapa pekan sebelum Piala Presiden dimulai. Dan karena Coach Jacksen F. Tiago sudah memberi pernyataan akan merubah komposisi pemain di laga kedua nanti saat melawan PSIS. Dan sinyal Irfan Jauhari untuk diturunkan cukup terbuka untuk mengganti posisi Gavin Kwan.
Namun jika kita bicara siapa calon lawan Irfan Bachdim andai dimainkan, tentu sosok eks kapten Persis Solo junior Fredyan Wahyu bisa jadi pengganjalnya. Pria yang akrab disapa Ucil tersebut bukan bek yang mudah untuk ditembus, dan Bachdim tentu punya tugas berat untuk membuat Ucil kewalahan mengawalnya.

Samsul Arif-Gerard Artigas vs Dewangga-Allie Sesay

Samsul Arif memang usianya tak muda lagi, namun kualitasnya masih mumpuni. Berbahaya di mulut gawang lawan, tentu jadi suatu kewaspadaan yang harus diantisipasi oleh calon lawan Persis musim ini. Di Piala Presiden dia memang belum mencetak gol. Namun catatannya di pramusim cukup bagus, yakni tiga gol dalam dua laga uji coba yang dijalani Persis. tepatnya saat ikut membantu Persis menang 2-1 atas Persebaya Surabaya, dan ditahan seri jawara Liga 1 Bali United 2-2 beberapa waktu lalu.
Untuk melawan PSIS Semarang, Samsul sepertinya akan diduetkan dengan pemain asing baru Persis yang didatangkan dari Barcelona Spanyol, yakni Gerard Artigas. Kedua tim diharapkan bisa jadi duet maut musim ini. Perlu waktu memang agar chemistry keduanya terjalin cukup baik. Artigas sendiri adalah sosok yang dirasa cepat beradaptasi, dan diharapkan dia juga bisa gacor di Persis musim ini. Untuk melawan Persis, duet Samsul dan Artigas diprediksikan akan dijaga ketat oleh Dewangga dan Allie Sesay. Keduanya mungkin akan jalani laga perdananya bersama PSIS di Piala Presiden lawan Persis nanti. Hal ini lantaran keduanya absen di dua laga awal.

Irfan Jauhari vs Frendi

Irfan Jauhari adalah wonderkid Persis Solo. Dia adalah kebanggan Laskar Sambernyawa, karena rutin dipanggil Timnas. Dalam tim, dia baru bergabung H-1 saat Persis akan menjalani laga perdananya melawan PSS Sleman, pekan lalu (11/6). Karena baru bergabung dengan tim, head coach Persis Jacksen F. Tiago memutuskan untuk mencadangkan dia, dan saat melawan PSIS, diprediksikan Irfan akan mengisi posisi winger kiri. bek PSIS Frendi kalau diputuskan jadi starter, tentu akan berjuang mati-matian untuk menjaga Irfan Jauhari.

Zanadin Althaf-Chrystna Bhagascara vs Frendi-Eki Febri

Head Coach Persis Solo Jacksen F. Tiago sempat melontarkan wacana bahwa dalam laga selanjutnya Persis di Piala Presiden akan ada transformasi komposisi skuad inti. Bisa jadi pemain yang sebelumnya jadi cadangan ataupun hanya jadi pemanis bangku di tribun VIP akan diturunkan di laga ini. Sosok pemain Persis Youth Zanadin Althaf tengah jadi buah bibir. Dalam dua laga uji coba, dan sekali pertandingan resmi di Piala Menpora, Zanadin selalu dimainkan sebagai pemain pengganti. Dimana dia biasanya dimasukkan di awal babak kedua. Dan peran pentingnya dia di tim Persis memang cukup menjanjikan, tanpa ragu coach Jacksen memberikan kesempatan besar untuk Zanadin bermain. Bisa jadi juga Zanadin akan dimainkan sejak menit pertama di laga kontra PSIS ini. Dimana di sektor gelandang tengah, dia diprediksikan akan berduet dengan pemain sangar Chrystna Bhagascara. Keduanya diprediksikan andai benar jadi starter, bisa jadi akan berduel dengan Frendi dan Eki Febri.

Abduh Lestaluhu vs Marukawa

Abduh Lestaluhu jadi bek kiri Persis Solo yang posisinya tak pernah bisa tergantikan. Bahkan di kompetisi resmi musim lalu, dia bermain 100 persen, tanpa pernah diganti. Musim ini sosoknya juga jadi andalan di posisi bek kiri. Permainannya yang lugas, cekatan, dan pintar menempatkan posisi memang sangat dibutuhkan tim. Dan saat Persis melawan PSIS Semarang, Selasa (21/6) ini, dia akan jadi andalan sepertinya untuk memberi umpan manis ke sektor depan, dan juga tentunya tugas utamanya untuk menutup ruang gerak serangan lawan dari sisi kanan. Namun perlu diingat, Abduh punya tugas tak mudah. Bagaimana tidak, dia akan berduel dengan winger lincah PSIS, yakni Taisei Marukawa. Ada misi besar yang akan diemban Abduh di laga ini.

Andri Ibo vs Oktafianus Fernando

Di laga terakhir Persis melawan PSS Sleman, Eky Taufik bermain tak full time. Babak kedua dia terpaksa diganti Aaron Evans, karena beberapa kali Eky gagal menutup gerak permainan lincah Todd Ferre. Masuknya Evans akhirnya coach Jacksen F. Tiago memutuskan Evans ada di posisi center back berduet dengan Fabiano Beltrame, dan di posisi bek kanan diisi oleh Andri Ibo yang bergeser di posisi ini.
Kalau benar Andri Ibo kembali ditunjuk jadi bek kanan di laga kontra PSIS Semarang nanti, bisa jadi dia akan ditugasi menjaga ketat Oktafianus Fernando. Pergerakan lincah winger PSIS yang didatangkan dari Persebaya Surabaya tersebut memang perlu diantisipasi. Tapi sosok Andri Ibo terkenal sebagai bek yang tangguh, dan pantang menyerah. Tentu dia akan mati-matian menjaga pertahanan Persis agar tidak tembus dari serangan cepat anak-anak Kota Lumpia.

Fabino Beltrame-Aaron Evans vs Hari Nur-Fortes

Jika kita bicara benteng pertahanan, Persis sepertinya akan menduetkan Fabino Beltrame dan Aaron Evans di sektor center back. Mereka tentu akan dipercaya, untuk mengawal ketat duet maut PSIS, yakni Hari Nur dan Fortes yang dinilai super tajam.
Duet Evans dan Beltrame sudah dicoba di babak kedua Persis di Piala Presiden saat melawan PSS Sleman, 11 Juni lalu. Kala itu keduanya sukses menjaga rapat gawang Persis yang dijaga oleh Gianluca Pandeynuwu.

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!