Ferdinand Sinaga Jadi Aktor Kemenangan Laskar Sambernyawa

Buntu di 65 menit pertama saat melawan Persiba Balikpapan di laga terakhir babak 8 besar Liga 2 2021 di Stadion Pakansari, Rabu malam (22/12), ternyata jadi keputusan yang tepat buat tim kepelatihan Persis Solo untuk memasukkan Ferdinand Sinaga. Lima menit baru dimainkan, Ferdinand sudah sukses menyumbangkan dua gol. Benar-benar performa yang mengagungkan, yang ikut membawa Persis meraih kemenangan, sekaligus mengunci tiket ke semifinl Liga 2 yang akan digelar 27 Desember mendatang.

“Di babak pertama bisa dibilang kami cukup banyak ditekan. Babak kedua akhirnya kami membuat perubahan strategi dengan memasukkan beberapa pemain baru. Bersyukur akhirnya bisa cetak gol,” kata pelatih Persis Solo Eko Purdjianto saat jumpa pers usai laga.

Ya di awal babak kedua, Persis memasukkan nafas-nafas segar untuk memberi perubahan pada permainan Persis. Seperti Delvin Rumbino, Eriyanto, dan Irfn Jauhari. Ferdinand setelahnya juga dimasukkan di menit ke-65. Setelah lini depan Laskar Sambernyawa mengalami kebuntuan, The Dragon (julukan Ferdinand Sinaga) menggantikan peran Miftahul Hamdi yang tercatat dua kali gagal memaksimalkan peluang emas. Dua menit dimainkan di lapangan, striker 33 tahun tersebut sudah mengancam gawang Persiba lewat tendangan bebas. Sayang, bola melambung tipis di atas mistar.

Kebuntuan tim kebanggaan wong Solo akhirnya pecah pada menit ke-68. Aktornya siapa lagi kalau bukan Ferdinand. Tendangan voli kaki kirinya menghujam deras ke jala Persiba. Setelah menerima umpan crossing Irfan Jauhari yang menyisir dari sisi kiri.

Semenit kemudian Ferdinand lagi-lagi membuktikan kualitasnya. Pemain kelahiran Bengkulu ini mencetak brace menit ke-69. Kali ini dari umpan lambung Alberto Beto Goncalves yang sempat mengecoh Riki Pambudi dan bek lawan. Ferdinand yang berdiri bebas, tanpa ampun menyundul si kulit bundar ke gawang yang sudah melompong. “Beto tidak mencetak gol, tapi Beto bisa memberi assist yang cukup manis di laga ini. Dan perannya melawan Persiba begitu besar untuk tim,” imbuh Eko.

Sejatinya, Ferdinand mengemas hat-trick perdananya bagi Persis dalam laga tadi malam, yakni lewat sundulan kepala pada masa injury time babak kedua. Namun, gol tersebut dianulir wasit Choirudin asal Jogjakarta, karena Ferdinand terlebih dahulu terperangkap offside. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor bertahan 2-0 untuk kemenangan Persis. Hasil ini membuat Persis lolos ke semifinal, dan menanti calon lawannya dari grup Y.

“Saya harus apresiasi kerja keras semua pemain. Cukup susah payah untik meraih tiga poin ini, tapi Alhamdulillah kami bisa meraihnya juga. Terima kasih juga atas dukungan suporter baik yang hadir secara langsung ataupun dari rumah,” beber eks asisten pelatih Bali United tersebut.

Hasil ini menempatkan Persis di posisi kedua klasemen akhir Grup X babak 8 besar Liga 2. Mengoleksi 6 poin dari tiga kali penampilan. Sekaligus menemani RANS Cilegon FC yang finis di urutan teratas. Usai ditahan imbang Sriwijaya FC dengan skor 0-0 di Stadion Wibawa Mukti Bekasi, tadi malam.

(Isnu Haryanto/ Foto: Persis Official)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!