Cocoklogi Persis Solo dan Iqbal Alghuzat

Bek kiri PSG Pati atau yang dikenal juga dengan nama AHHA PS Pati, Iqbal Al Ghuzat, resmi jadi pemain baru Persis Solo di babak 8 besar Liga 2 2021. Di tim barunya ini, Iqbal siap bersaing posisi dengan Abduh Lestaluhu dan Alfath Fathier yang juga ada di pos bek kiri.

Menariknya, ternyata hoki menghinggapi Iqbal dengan Kota Solo. Dia secara langsung mengakui momen karirnya di sepak bola ada kaitan erat dengan kota ini. Seperti diketahui,  Iqbal menjalani debutnya di kasta kedua (Liga 2) bersama PSG musim ini. Menariknya lawan pertamanya adalah Persis Solo di Stadion Manahan. Momen itu terjadi di putaran pertama babak penyisihan grup C, 26 September silam.

Usai pertandingan Iqbal melampiaskan pengalamannya itu melalui cuitan di akun Twitter pribadinya (@alghuzat) yang diunggah 27 September 2021. “Debut karir kenapa musti di Solo semua ya? Liga 3 debut di Sriwedari, Liga 2 debut di Manahan. Ahhh aku belum tau konspirasi ini,” tulisnya kala itu.

Tak ayal cuitan ini ikut direspons fans Persis Solo. “Mungkin dan semoga tahun depan main buat Persis Solo,” tulis akun @zonasangar1923 di kolom komentar tweetan tersebut. Iqbal ternyata langsung membalasnya: “Ilmu cocoklogi yang aku aamiin kan,” ujarnya.

Lalu akun @dmsoctvn23 ikut gatal membalas komen tersebut: “Debut di Liga 1 tahun depan bareng Persis Solo. wkwk emot api emot api,” tulis @dmsoctvn23. Iqbal pun membalasnya dengan kata-kata bijak: “Patut kita nantikan apakah ilmu cocoklogi ini  bakalan terwujuddd,” ujarnya.

Debut pertandingan perdana Iqbal dengan PSG di Liga 2 ini memang melawan Persis, dan berakhir dengan hasil kurang memuaskan baginya karena kalah 0-2 kala itu. Iqbal main sebagai starter dan bermain selama 90 menit dengan catatan 30 umpan sukses (73 persen), 5 umpan silang, 2 intersep, 2 tekelan, 2 sapuan, 2 pelanggaran dan satu kartu kuning didapatnya.

Usai pertandingan ternyata ada follower-nya yang ikut terkagum atas performanya saat melawan Persis. “Sepanjang pertandingan gur nonton Arapenta, Kanu, karo koe tok. Feelingku bakal main ng Persis,” tulis akun @andrudYyliant_11 di kolom komentar akun Twitter Iqbal Al Ghuzat. Sang pemain pun seperti memberi kode punya impian suwaktu hari nanti semoga bisa main untuk Persis Solo. “Amin ya Allah, tapi masih kurang. Harus lebih kerja keras lagi untuk masuk skuad Persis,” balas Iqbal.

Masih di akun Twitter pribadinya, pada 4 November Iqbal memposting dirinya membawa bola melawan Persis Solo. Dengan frame sukses membuat dua pemain Persis, yakni Sandi Sute dan Arapenta Poerba terlihat gesturnya seperti tidak bisa mengawal pergerakan Iqbal. Menariknya dalam foto yang diunggahnya di Twitter resminya tersebut, dia memasukkan potongan lirik lagu anthem Persis Solo, Satu Jiwa.
“Roda hidup, terus berputar dan takdirpun tak selalu sama, Pahamikah!,” tulisnya,  yang di postingan lain ternyata dia mengunggah video pemain Persis Solo tengah menyanyikan anthem tersebut di tengah lapangan.

Dalam pertemuan kedua PSG Pati melawan Persis di Stadion Manahan Solo (3/12), ternyata berakhir imbang 1-1. Namun beberapa hari setelah laga tersebut PSG dinyatakan kalah WO karena dianggap memainkan pemain ilegal saat melawan Persis. Dimana I Gede Sukadana yang dimainkan di babak kedua oleh PSG ternyata harusnya dilarang dimainkan karena masih terkena sanksi dari komdis PSSI. Akhirnya PT LIB selaku operator kompetisi menjatuhkan sanksi untuk PSG,  yakni dinyatakan kalah WO dengan skor 0-3 atas Persis Solo. Termasuk sanksi pengurangan tiga poin. Itu artinya PSG yang kala itu kehilangan 4 poin, karena hasil akhir yang harusnya seri, akhirnya PSG dinyatakan jadi kalah.

PSG akhirnya gagal lolos ke babak 8 besar,  banyak pemain klub milik Atta Halilintar juga dilepas ke klub lain. Ada yang sudah diputus kontraknya dan dapat pelabuhan baru, ada juga yang statusnya dipinjamkan ke klub Liga 2 yang saat ini lolos ke babak 8 besar.

Iqbal akhirnya dipinjamkan ke Persis Solo,  dan manajemen Persis sudah mengumumkan dia resmi bergabung sejak Kamis (16/12) usai diumumkan pukul 19.23 WIB. Usai diumumkan sebagai pemain baru Persis musim ini, Iqbal ikut membalas postingan akun resmi Persis yang mengumumkan namanya adalah rekrutan anyar Laskar Sambernyawa. “Bhinneka Tunggal Persis” tulis komentar Iqbal Alghuzat dalam postingan di akun resmi Persis.

Dalam pernyataan resminya Iqbal mengaku sangat senang bukan kepalang saat mendapat tawaran untuk bergabung dengan Persis. “Perasaan luar biasa, memang Persis mengalahkan logika. Sampai saat ini saya masih belum percaya bisa masuk skuad Persis tahun ini,” ungkap Iqbal.

Iqbal mengakui memulai karir sepak bola di tim junior Persiku Kudus pada kurun waktu 2014-2015. Setelah itu dia promosi ke tim senior Persiku, dan bisa bermain di Liga 3 Jateng sejak 2017. Pada 2019 dia memutuskan pulang ke tanah kelahirannya dan bergabung dengan Persipa Pati. Pada musim ini, akhirnya di awal musim dia bergabung dengan PSG yang lebih akrab dengan nama AHHA PS Pati. Namun sayang tim ini gagal lolos ke babak 8 besar. Bersama PSG Pati, Iqbal menjadi andalan tim dengan catatan 8 penampilan sebagai starter. Di dua laga sisa fase penyisihan, Iqbal harus menepi akibat cedera saat melawan Persijap di pekan ke-8 Liga 2 lalu. Sementara itu Iqbal gabung Persis dengan status pinjaman.

Sadar beban besar dia datang di Persis begitu besar agar bisa membawa tim ini promosi ke Liga 1, Iqbal ikut tertantang dan siap mendulang sebanyak-banyaknya pengalaman di Persis Solo.
“Saya berharap bisa berkembang dan mendapat banyak ilmu serta pengalaman dari teman-teman dan pemain-pemain senior. Semoga saya bisa berkontribusi untuk tim kebanggaan warga Solo ini untuk merebut tiket ke Liga 1,” ungkapnya.

(Isnu Haryanto/ Foto: Instagram Iqbal Alghuzat)

Leave a comment

Sign Up Now

Become a member of our online community and get tickets to upcoming matches or sports events faster!