SOLO,sambernyawa.com – Dunia olahraga tengah dikejutkan dengan kasus penyebaran virus corona dikalangan olahragawan khususnya sepak bola. Liga Italia bahkan dihentikan sementara, setelah beberapa pemain dikabarkan positif terjangkit virus yang pertama kali ditemukan di China itu.

Terbaru, Liga Inggris juga dihentikan sementara hingga April mendatang. Sementara negeri tetangga Malaysia mulai menunda kompetisi pada pekan depan, dan menggelar semua pertandingan tanpa penonton akhir pekan ini.

Sampai hari ini, dikabarkan sudah teridentifikasi 69 orang positif terjangkit COVID-19 atau virus corona di Indonesia. Kasus ini sedikit berdampak pada jadwal Liga 1 yang sudah bergulir sejak akhir Februari lalu, beberapa pertandingan harus ditunda dan digelar tanpa penonton. Namun belakangan belum ada tanda-tanda penundaan atau pembatalan kompetisi dari pihak terkait.

Sementara Liga 2 juga akan segera bergulir mulai 14 Maret mendatang, dengan laga pembuka antara Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan. Persis Solo sendiri akan menggelar laga perdana melawan PSCS Cilacap di Manahan, Minggu (15/3) malam.

Menanggapi kasus virus corona ini, dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo mengingatkan kepada para pemain untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan.

“Corona ini kan kita harus waspada, tapi tidak perlu panik. Yang penting pemain punya daya tahan tubuh yang bagus. Kita siapkan menu makanan bergizi dan vitamin,” kata Iwan kepada Sambernyawa Media, Jumat (13/3) pagi.

Untuk antisipasi penyebaran corona, Iwan menyarankan pemain untuk sering-sering mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah. Tim kesehatan juga menyediakan masker untuk pencegahan jika diperlukan.

Memasuki musim kompetisi, tim kesehatan lebih memperketat aturan untuk menjaga kondisi pemain tetap prima dan terhindar dari penyakit.

“Pemain harus istirahat yang cukup, jangan sampai makan sembarangan. Selama ini lingkup kita masih di Solo aja, kalau misalnya nanti kita away kemana terus ada pemain yang sakit langsung kita tangani karena kemana-mana tim kesehatan selalu ada,” tambahnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.