SOLO,sambernyawa.com – Persis Solo menang telak 3-0 atas Timnas Indonesia U-19 pada laga uji coba Senin (28/5) malam di Stadion Manahan Solo. Laga yang bisa dibilang laga terakhir kali Persis Solo sebelum Manahan direnovasi, menjadi ujian pertama bagi tim asuhan Indra Sjafri yang sudah menjalani training center selama sepekan terakhir.

Persis Solo tampil dengan beberapa pemain muda mulai babak pertama. Menit ke-5’ Persis langsung membuka peluang melalui sontekan kaki kiri Candra Waskito, namun sayang masih sedikit melenceng disisi gawang Timnas U-19.

Enam menit berlalu gantian tim Garuda Muda mendapat peluang melalui tendangan Aji Kusuma memanfaatkan bola lepas dari pemain belakang tuan rumah, namun masih belum tepat mengenai sasaran.

Awal-awal babak pertama tempo pertandingan cenderung lambat, kedua tim tampak sangat berhati-hati dalam mengolah serangan. Persis Solo akhirnya membuka keunggulan pada menit ke 17’ berawal dari kesalahan kiper Timnas U-19, Aqil Syafiq, saat mengoper bola bisa dicuri Tri Handoko, yang dengan sedikit gerakan langsung menceploskan bola dari sudut sempit kiri gawang Aqil. Skor 1-0 untuk Persis Solo.

Pertengahan babak pertama, Garuda Muda berusaha membalas ketertinggalan. Pada menit ke-32’ peluang kembali datang dari kaki Aji Kusuma, namun lagi-lagi sontekannya masih jauh dari gawang tuan rumah yang dijaga Ade Candra. Skor 1-0 untuk Persis Solo bertahan hingga babak pertama usai.

Persis Solo yang sudah unggul satu gol, tidak ingin mengendorkan serangan di babak kedua. Pelatih Persis, Jafri Sastra, melakukan penyegaran dengan memasukkan penyerang Azka Fauzi menggantikan Kito. Namun justru Garuda Muda yang lebih banyak menekan di awal babak kedua, tapi barisan pertahanan Persis Solo masih tetap solid menjaga daerah mereka.

Memasuki pertengahan babak kedua Persis Solo kembali berupaya menambah daya gedor dengan memasukkan beberapa pemain seperti Johan Yoga ,Iqbal Samad , Sunarto dan Roni Saputro. Hasilnya pada menit ke-80’ Persis Solo kembali menambah keunggulan menjadi 2-0.

Berawal dari serangan di sisi kanan, umpan crossing dari Iqbal Samad salah diantisipasi oleh Nur Hidayat dan bola justru masuk ke gawang sendiri. Skor 2-0 untuk Persis Solo.

Tuan rumah mengakhiri pesta gol pada menit 90’+1 melalui sundulan kepala Johan Yoga yang mengarah ke pojok kanan gawang Garuda Muda . Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan usai.
Susunan pemain Persis Solo vs Timnas U-19:

Persis Solo:
Ade Candra, Asyraq Gufron, Absor Fauzi, Adw Fanny, Soni Setiawan (C), Heru Setiawan, M Aulia Burhanudin, Eli Nasoka, Arif Yanggi, Candra Waskito, Tri Handoko

Timnas U-19:
M Aqil Syafiq, Nur Hidayat, M Firly, Asnawi Bahar, Firza Handika, Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri, Feby Eka, Witan Sulaiman, Aji Kusuma

Leave a Reply