SOLO,sambernyawa.com – Kota Solo dikenal sebagai rumahnya olahraga Indonesia. Ini karena Stadion Sriwedari Solo merupakan stadion olahraga pertama yang dipunya bangsa Indonesia. Juga karena pada tahun 1949 digunakan sebagai venue pertama Pekan Olahraga Nasional (PON).

Keberadaan Persis Solo tak bisa dipisahkan dari nuansa olahraga di kota bengawan. Klub yang berdiri tahun 1923 ini sudah bermetamorfosa menjadi klub profesional. Laskar Sambernyawa berada dibawah naungan PT Persis Solo Saestu.

Sudah tidak ada cerita lagi gaji nunggak, seperti yang terjadi beberapa tahun lalu. Selain itu, Persis Solo juga sudah tak mengandalkan pendapatan dari tiket penonton saja. Ada sponsor dan keuntungan dari bisnis merchandise.

Selain sepak bola, ada banyak cabang olahraga andalan kota Solo. Dulu, Bhinneka Solo pernah berjaya di kompetisi basket Kobatama dan IBL. Namun karena kesulitan dana, Bhinneka kemudian keluar dari Solo dan merger dengan Stadium Jakarta.

Tak lama kemudian menyusul klub baru Sritex Dragons Enduro Solo yang hanya bertahan seumur jagung. Klub basket putri yang didirikan keluarga Sri Rejeki Isman (Sritex) ini kemudian bubar juga. Tak lagi ikut kompetisi basket profesional yang kini bernama Srikandi Cup.

Vita Solo tak boleh dilupa sebagai identitas Solo sebagai kota olahraga. Klub bola voli amatir yang berpusat di Penumping ini kerap melahirkan pemain voli andal. Untuk tim putri, prestasinya sudah mencapai level nasional. Sayangnya mereka belum berani melangkah ke kompetisi profesional, Proliga lantaran minimnya anggaran.

Liga Voli Indonesia (Livoli) jadi jujugan Vita Solo. Turnamen antarklub amatir di Indonesia ini sudah lama diikuti Vita Solo. Namun baru tiga tahun terakhir Vita Solo lolos ke Livoli Divisi Utama. Pada 2015 lalu, Vita Solo sempat promosi ke level tertinggi. Tapi mnimnya jam terbang pemain membuat mereka tak berdaya dan kembali terdegradasi.

Tak lama kemudian atau tepatnya tahun lalu, Vita Solo kembali melenggang ke kasta tertinggi. Tahun ini mereka akan bertarung dengan klub-klub besar seperti Alko Bandung, Popsivo Polwan, TNI AU, Bank Jatim, TNI AL, Mabes TNI, dan Petrokimia Gresik. Tim-tim tersebut mayoritas diperkuat pemain dari Proliga 2016.

Sebagai bentuk kontribusi pada olahraga di kota Solo, tahun ini Sambernyawa Media memutuskan ikut mendukung tim putri Vita Solo. Sambernyawa bukan sekadar membantu menyediakan jersey. Melainkan juga ikut me-rebranding Vita Solo. Owner Sambernyawa Media, Muhammad Saryuf berharap upaya ini bisa membantu Vita Solo dalam menaikkan pamornya di Tanah Air, khususnya eks karesidenan Surakarta.

“Vita Solo ini tim besar. Tapi pengelolaan selama ini masih berpusat pada pembinaan pemain. Sisi promosi maupun bisnis belum tersentuh. Semoga keberadaan kami bisa sedikit membantu Vita Solo.”

Sambernyawa sebagia media online yang berisikan para generasi muda berharap, inisiatif ini bisa diikuti kalangan pengusaha maupun media di Solo. Bila ada banyak pihak lagi yang lebih peduli pada prestasi atlet maupun klub kota Solo, olahraga di Solo pasti akan semakin maju.

“Apalagi tahun depan pekan olahraga provinsi akan digelar di Solo. Apabila pengembangan olahraga hanya bertumpu pada bantuan dari pemerintah, sudah pasti anggaran tidak akan cukup. Dibutuhkan peran serta dari stakeholder di Solo,” tambahnya.

Pelatih Kepala Vita Solo, Agus Suyanto mengapresiasi langkah Sambernyawa. Dia berharap kedepannya semakin banyak lagi pihak yang memberi perhatian lebih pada Vita Solo.

“Selama ini kita gotong-royong membesarkan klub ini. Kalau kedepannya ada banyak lagi yang mau membantu, tentu prospek klub ini akan semakin bagus,” kata Agus yang juga salah satu sesepuh Vita Solo.

Untuk menghadapi Livoli Divisi Utama 2017, Vita Solo sudah melakukan persiapan cukup panjang. Namun intensitas baru ditingkatkan pada bulan November ini. Agus mengatakan minimnya GOR yang bisa digunakan untuk latihan voli di Kota Solo juga cukup membuat tim pelatih berpikir keras menyusun program latihan.

Pada Kamis (23/11) lalu, Vita Solo melakukan uji coba melawan Jogja Selection. Hasilnya, Rika Yuniar dkk berhasil menang 3-1. Rencananya, skuat Vita Solo akan terbang ke Tangerang pada 1 Desember mendatang. Livoli Divisi Utama 2017 akan dihelat di GOR Dimyati, Tangerang pada 2-9 Desember ini.

Vita Solo musim ini akan mengenakan jersey berwarna merah, kombinasi biru dan kuning. Serta jersey hitam, kombinasi pink. Jersey ini akan diproduksi secara massal dan bisa dipesan para penggemar Vita Solo melalui akun instagram dan facebook Vita Solo serta Sambernyawa.com

Leave a Reply