SOLO,sambernyawa.com – Persis Solo harus mengakui keunggulan PSS Sleman 1-2 pada laga pamungkas babak 16 besar Liga 2 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Selasa (10/10). Meski begitu, Laskar Sambernyawa tetap lolos babak 8 besar sebagai juara grup A.

Bayu Andra dan kawan-kawan melenggang ke fase ketiga bersama PSPS Riau. Tim yang sempat terseok-seok pada awal babak 16 besar itu lolos setelah mengalahkan Cilegon United 4-0 di Stadion Kaharuddin Nasution Rumbai. PSPS Riau memiliki poin sama dengan PSS Sleman, namun unggul head to head dan selisih gol.

Kini kedua tim tinggal menunggu hasil akhir tiga grup lain. Namun bila melihat peta persaingan ketiga grup lainnya, Persis Solo berpotensi satu grup dengan PSMS Medan, Persebaya Surabaya dan Martapura FC. Tentu akan menarik jika empat tim kuat ini akan berada dalam grup yang sama.

Persaingan Grup B :

Empat tim yang tergabung dalam grup B masih punya peluang lolos ke babak 8 besar. Laga pamungkas mempertemukan PSIS Semarang lawan Persibat Batang serta Persita Tangerang melawan PSMS Medan. PSIS hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri sebagai juara grup B.

Pun juga dengan PSMS yang hanya butuh hasil imbang untuk jadi runner up grup B. Kemungkinan besar posisi klasemen akhir tak akan berubah, hingga PSMS sebagai runner up grup B akan bersua Persis Solo.

Persaingan Grup C :

Persebaya Surabaya punya peluang besar untuk menjadi juara grup. Dengan koleksi 9 poin, pada laga pamungkas mereka akan menghadapi Kalteng Putra di Gelora Bung Tomo. Hasil imbang sudah cukup untuk menasbihkan tim Bajul Ijo sebagai juara grup C.

Justru perebutan tempat kedua yang menarik. Bila Kalteng Putra gagal meraih poin di Bung Tomo, sedangkan Persigo Semeru FC menang atas PSBS Biak, Persebaya akan lolos bersama Persigo Semeru FC yang tak diunggulkan. Dan Persebaya dipastikan kembali bersua Persis Solo.

Persaingan Grup D :

Martapura FC kini memimpin klasemen dengan 11 poin. Namun bukan berarti posisinya akan aman. Mereka akan bertemu PS Mojokerto Putra di Stadion Bumi Moro Surabaya. Dengan rekor PSMP yang tak pernah kehilangan poin di kandangnya, kemungkinan besar puncak klasemen grup D akan jadi milik PSMP dengan koleksi 12 poin. Dan, Martapura FC sebagai runner up grup D akan bersua Persis Solo lagi, setelah 2014 lalu juga satu grup saat babak 8 besar.

Grup Babak 8 Besar :

Grup X :

Persis Solo
Runner Up Grup B
Juara Grup C
Runner Up Grup D

Grup Y :
PSPS Riau
Juara Grup B
Runner Up Grup C
Juara Grup D

Leave a Reply