SOLO,sambernyawa.com – Puncak klasemen grup A untuk sementara menjadi milik Persis Solo, menyusul kemenangan atas PSS Sleman 1-0 di Stadion Manahan Solo, Minggu (24/9). Gol tunggal tim besutan Widyantoro dicetak Tri Handoko menit 85.

Permainan menarik tersaji dalam pertandingan yang disaksikan 21.000 penonton tersebut. Persis Solo yang mengandalkan duet Rudiyana dan Agung Supriyanto sempat kesulitan pada awal pertandingan.

Peluang pertama baru didapat menit 30. Serangan balik lewat Rudiyana, diakhiri umpan matang ke Bayu Nugroho, Namun Bayu yang sudah berdiri bebas gagal merobek gawang PSS. Tendangan mendatarnya hanya menyampingi di sisi kiri gawang PSS. Babak pertama berkesudahan 0-0.

Pada paruh kedua, permainan benar-benar dikuasai Persis Solo. Masuknya Tri Handoko menggantikan Agung Supriyanto membuat serangan lebih hidup. Namun gol hampir saja didapat PSS Sleman lewat kaki Bagus Nirwanto. Agung Prasetyo yang sempat keluar dari sarangnya dengan cekatan menepis tendangan mantan pemain PSCS Cilacap tersebut.

Untuk menambah daya gedor, Persis Solo memasukkan Joko Prayitno, menggantikan Bayu Nugroho. Bermain dengan tiga penyerang membuat bek PSS semakin kesulitan. Bayu Andra yang punya umpan-umpan matang akhirnya dimasukkan pada 15 menit terakhir.

Masuknya Bayu Andra membuat pola penyerang semakin variatif. Gol yang dinanti-nanti akhirnya didapat menit 85. Umpan matang Dedi Cahyono dari sektor kanan pertahanan PSS, disambut sontekan Tri Handoko yang kemudian meluncur ke gawang PSS setelah mengenai bek Ardi Idrus. Gol itu langsung disambut gemuruh puluhan ribu suporter dan bench Persis Solo.

Pada sisa waktu yang ada, sebenarnya Rudiyana punya kesempatan untuk memperbesar keunggulan. Tapi sepakannya hanya menyamping di sisi kanan gawang PSS. Laga pun berkesudahan 1-0 untuk Persis Solo.

Tambahan tiga poin membuat Laskar Sambernyawa nyaman di puncak klasemen grup A dengan empat poin. Posisi kedua ditempati Cilegon United yang mengalahkan PSPS Pekanbaru 1-0 lewat gol Ahmad Ikhwan. Poin dan agregat gol Cilegon sama dengan PSS Sleman.

Laga berikutnya Persis Solo akan menghadapi Cilegon United di Stadion Manahan Solo, Kamis (28/9). Menurut jadwal live yang dirilis PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), pertandingan akan digelar pukul 18.30 dan disiarkan secara langsung oleh TV One. Sebelum laga itu, TV One juga menyiarkan laga PSPS Riau melawan PSS Sleman di Staidon Kaharuddin Nasution Pekanbaru.

Leave a Reply