SOLO,sambernyawa.com – Persis Solo sukses mengalahkan Persiba Bantul 1-0 dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Kamis (3/8) sore. Raihan poin sempurna membawa Laskar Sambernyawa kembali masuk zona aman menuju babak 16 besar, menggeser PSIR Rembang.

Agung Supriyanto menjadi pencetak gol tunggal kemenangan tuan rumah. Penyerang yang baru saja didatangkan dari klub Madura FC ini menjebol gawang Laskar Sultan Agung menit 79. Pelatih Persis Solo, Widyantoro mengaku puas dengan kemenangan yang didapat timnya.

“Awalnya kami cukup kesulitan karena Bantul pakai skema bertahan total. Tapi alhamdulillah kita bisa memanfaatkan peluang yang didapat. Ini berkat perjuangan anak-anak yang tak kenal lelah menyerang pertahanan Bantul,” terang Widyantoro dalam jumpa pers usai pertandingan kemarin (8/3).

Apa yang diterapkan Persiba memang membuat Persis Solo kesulitan. Sejak awal permainan, Persiba menumpuk seluruh pemain di daerahnya. Bahkan penyerang tunggal, Awaludin Saputro turut membantu rekan-rekannya memutus alur bola Laskar Sambernyawa dari sektor tengah ke depan.

Alhasil, tak banyak peluang yang diraih Persis Solo. Satu-satunya peluang paling berbahaya didapat Dedi Cahyono melalui skema serangan balik cepat. Namun sepakan Dedi dari luar kotak penalti masih jauh dari target. Babak pertama berkesudahan 0-0.

Untuk mempertajam daya dobrak, Persis Solo kemudian memasukkan Agung Supriyanto, menggantikan Tri Handoko menit 58. Kemudian disusul Bakori Andreas yang menggantikan Dedi Cahyono. Masuknya dua pemain itu menghidupkan serangan Persis Solo.

Puncaknya pada menit 79 saat Persis Solo mendapat tendangan bebas di sektor kanan pertahanan Persiba. Sepakan Soni Setiawan yang mengarah ke tiang jauh kemudian disundul Agung Supriyanto dan menjebol gawang Persiba yang dikawal Puthut Jati. Gol itu langsung disambut meriah bench Persis Solo.

Selepas kebobolan, Persiba yang sepanjang pertandingan hanya terkonsentrasi di daerahnya mulai keluar menyerang. Hanya saja lemahnya koordinasi saat masuk di pertahanan Persis Solo membuat keunggulan satu gol Persis Solo bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Persis Solo untuk sementara kembali menempati posisi runner up dengan 20 poin. Namun mereka berpeluang turun ke peringkat tiga lagi andai PSIR Rembang bisa mengalahkan Persipon Pontianak di Stadion Krida Rembang, Sabtu (5/8) mendatang. Sementara puncak klasemen masih diduduki PSIS Semarang dengan 23 poin.

Leave a Reply