SOLO,sambernyawa.com – Persis Solo memberikan jatah libur lebaran kepada semua awak tim per Rabu (21/6) hingga Selasa (27/6) mendatang. Namun Ikhwan Ciptady dan kawan-kawan tak pulang dengan “tangan hampa”.

Ada bekal yang diberikan tim pelatih kepada seluruh pemain. Dalam secarik kertas yang diberikan usai ujicoba melawan Solo Selection di Stadion Sriwedari Solo, Selasa (20/6) sore, telah tertulis sederet materi latihan yang wajib dijalankan para pemain saat pulang kampung.

“Saya berikan pekerjaan rumah agar kondisi mereka tetap terjaga. Saat balik ke Solo lagi, mereka langsung kita hadapkan pada beban latihan medium menuju ke high level,” terang Pelatih Persis Solo, Widyantoro usai uji coba kemarin.

Widyantoro mengatakan, latihan saat pemain pulang kampung menjadi salah satu kunci persiapan menghadapi PSIS Semarang dalam lanjutan Liga 2 di Stadion Manahan Solo, 6 Juli mendatang. Bila pemain datang dengan kondisi fisik yang drop, tim pelatih akan kesulitan menerapkan strategi untuk menekuk Mahesa Jenar.

“Saya yakin para pemain ini bisa bersikap profesional. Kalau sampai ada yang drop, apalagi berat badan sampai bertambah, sudah ada sanksi yang kita siapkan,” tutur pelatih asal Magelang ini.

Sebelum bersua 6 Juli nanti, Widyantoro sempat melihat permainan PSIS kala bersua PSS Sleman dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo. Dalam laga itu, PSIS tampil spartan dengan menahan imbang tuan rumah 1-1.

Widyantoro menyebut dari segi permainan tim besutan Subangkit cukup bagus. Kondisi fisik pun bisa terjaga. Hal itu dibuktikan dengan permainan konsisten yang ditunjukkan sejak awal hingga akhir laga. Pada uji coba kandang terakhir, PSIS juga menekuk PSIM Jogja 2-0.

“Kondisi kedua tim sama. PSIS juga akan meliburkan pemainnya untuk libur lebaran. Tinggal siapa ini yang persiapannya lebih bagus,” jelasnya.

Sebelum pulang kampung, kemarin Laskar Sambernyawa lebih dulu beruji coba dengan Solo Selection. Pada babak pertama, Persis menurunkan pemain yang tak masuk skuad utama pada laga lawan Persatu Tuban. Barulah pada babak kedua, Persis memainkan tim utamanya, minus penjaga gawang Agung Prasetya, digantikan Jalu dan Afif.

Dalam uji coba kemarin, Persis Solo menang 1-0 lewat gol Bayu Nugroho pada babak kedua. Laga itu sendiri berjalan sekitar 50 menit, terbagi babak pertama 35 menit dan babak kedua 15 menit. “Saya tidak lihat skor. Tidak ada evaluasi juga. Hanya happy game,” tukas Widyantoro.

Leave a Reply