SOLO,sambernyawa.com – Laga melawan Persipon Pontianak di Stadion SSA Pontianak, Jumat (19/5) sore, bisa dibilang jadi laga bernuansa tanda perdana. Beda dengan tiga away sebelumnya, jumlah suporter Laskar Sambernyawa yang ke Pontianak terbilang cukup sedikit.

Perubahan jadwal dari Sabtu (20/5) ke Jumat ini menjadi faktor utama banyaknya Pasoepati yang batal ke Pontianak. Meski begitu, Pelatih Persis Solo, Widyantoro menyebut anak asuhnya sudah terbiasa menghadapi tekanan tuan rumah, meski kali ini tak banyak Pasoepati yang memberikan dukungan langsung.

“Suporter memang sangat berpengaruh dalam pertandingan. Bila ribuan Pasoepati datang, pemain akan lebih bersemangat. Tapi saya yakin anak-anak bisa mengatasi tekanan di lapangan,” terang Widyantoro.

Strategi umpan panjang kemungkinan akan diterapkan Persis Solo. Pemilihan itu tak lepas dari kondisi permukaan lapangan di Stadion SSA yang tak rata. Sebelum ini, Persis juga lebih dulu menerapkan kombinasi panjang-pendek saat mengalahkan Persipur Purwodadi 1-0 di Stadion Krida Bhakti.

“Sejak awal memang kita siapkan dua strategi berbeda. Umpan pendek untuk lapangan yang rata dan umpan panjang untuk lapangan yang bergelombang. Jadi tidak masalah,” tuturnya.

Bukan saja soal taktikal umpan, ada kemungkinan pola penyerang tunggal akan dimaksimalkan. Kini, Widyantoro tinggal menentukan satu diantara Tri Handoko atau Rudiyana yang akan jadi ujung tombang, menyusul cederanya Joko Prayitno. Sebagai penyerang bayangan tersedia nama Bakori Andreas, Bayu Nugroho dan Dedi Cahyono.

“Tugas mencetak gol bukan hanya dibebankan pada penyerang. Semua pemain, ketika mendapat peluang ya harus dimaksimalkan. Sejauh ini berjalan bagus. Apalagi dua winger kita, Bayu Nugroho dan Dedi Cahyono cukup produktif,” ucapnya.

“Semoga saja kita bisa kembali meraih hasil maksimal di Pontianak. Tapi kalau pun satu poin, itu juga sudah bagus. Apalagi sekarang Persipon sedang menunjukkan tren menanjak,” tambah pelatih asal Magelang ini.

Dalam dua laga kandangnya, Persipon baru mengemas satu poin, saat bermain imbang melawan PSIR Rembang 0-0. Sementara saat bersua Sragen United, Persipon menyerah 1-2.

Leave a Reply