SOLO,sambernyawa.com – Sesuai prediksi awal, penentuan tim yang lolos dari grup G Piala Soeratin 2017 zona Jateng harus menanti hingga laga terakhir. Hal ini setelah PSCS Cilacap sukses mengalahkan PSIS Semarang 1-0 di Stadion Wijaya Kusuma Cilacap, Kamis (18/5) sore.

Kemenangan tersebut memang menempatkan PSCS sebagai pemuncak klasemen. Namun bukan berarti peluang Persis Solo untuk menggeser Laskar Nusakambangan tertutup. Syaratnya, tim besutan Muhammad Nurhadi “Memet” El Hamid harus menang, minimal surplus dua gol, saat melawan PSCS di Stadion Sriwedari Solo, Minggu (21/5) lusa.

“Kalau bisa menang dengan selisih dua gol, Persis Junior yang akan lolos. Tapi ini bukan perjuangan mudah. PSCS cukup tangguh saat kandang maupun tandang,” terang Sekretaris Askot PSSI Solo, Sapto Joko Purwadi di Balai Persis, Kamis (18/5) malam.

Sesuai dengan misi sebelumnya, Persis Solo siap habis-habisan pada laga lawan PSCS. Kembalinya Rygio di sektor bek kiri membuat lini bertahan semakin percaya diri. Memet menyebut kans timnya untuk memenangkan pertandingan di kandang sendiri cukup besar, meski perjuangan tidak mudah.

“Kalau lihat permainan PSCS di Cilacap lalu, kansnya ada. Mereka buka tim superior. Hanya saja anak-anak harus fokus sepanjang pertandingan. Jangan sampai kecolongan lagi. PSCS punya serangan balik cepat,” tuturnya.

Dalam laga kandang lawan PSIS lalu, Persis sebenarnya tampil terengginas pada awal pertandingan. Dua gol mampu dicetak Gunawan Prasojo dan Yohan. Namun kesalahan antisipasi tendangan bebas membuat pemain PSIS, Rivaldo dengan mudah mengoyak gawang Persis. Persis kemudian justru keteteran, meski bisa mempertahankan skor 2-1. Memet berharap apa yang sudah dievaluasi dalam latihan bisa diterapkan di lapangan.

“Kita punya recovery sepekan. Tentu dari fisik sudah tidak ada masalah. Beda dengan PSCS yang jedanya cukup singkat. Faktor ini harus kita manfaatkan,” ucapnya.

Dalam hitung-hitungan klasemen grup G, Persis akan lolos jika menang dengan selisih dua gol. Sementara bila Persis menang dengan selisih satu gol, justru PSIS Semarang yang akan melenggang ke babak berikutnya.  Tim tamu sendiri hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.

Leave a Reply