SOLO,sambernyawa.com – Dua tahun terakhir penampilan Bayu Nugroho tak maksimal. Itu karena deretan cedera yang memaksanya banyak beristirahat. Namun menyambut Liga 2 2017, pemain berusia 24 tahun tersebut mulai menunjukkan kualitasnya.

Dalam tiga laga uji coba terakhir, Bayu mencetak enam gol. Dimulai tiga gol saat lawan PS STER, satu gol kala bersua Madiun Putra. Dan terbaru, dua gol dicetak saat membawa Laskar Sambernyawa menang 4-0 atas PS Pemda di Stadion Manahan Solo, Selasa (18/4).

Meningkatnya peforma Bayu membuat Widyantoro punya pilihan lain untuk menggantikan Bakori Andreas yang masih cedera. Selain Bayu, ada pula Ade Kurniawan dan Dedi Cahyono Putro.

“Bayu cukup bagus dalam beberapa uji coba. Ini jadi kabar positif sebelum kompetisi dimulai,” terang Widyantoro, Selasa (18/4) malam.

Yang kini jadi masalah Persis Solo ternyata bukan sektor sayap, melainkan penyerangan. Dalam laga lawan PS Pemda sore kemarin, Tri Handoko menderita cedera engkel. Praktis, sektor depan hanya menyisakan Joko Prayitno dan Rudiyana.

Minimnya stok pemain depan membuat Persis Solo kesusahan untuk menerapkan formasi 4-4-2. Yang paling memungkinkan adalah menjalankan pola penyerang tunggal, seperti saat melawan PSPS Pekanbaru dalam Trofeo Kebangkitan 2017 lalu.

“Saya masih lihat progresnya seperti apa. Arahnya memang kesitu (penyerang tunggal). Tapi bisa saja saya mainkan dua penyerang sekaligus,” jelasnya.

Soal kekuatan lawan, Widyantoro tentu sudah paham bagaimana cara mengalahkan PPSM Magelang, Sabtu (22/4) mendatang. Apalagi sang putra daerah sudah mencermati permainan PPSM kala mengalahkan PS Badung 2-1 di Sleman.

Dia berharap tak ada lagi pemain yang masuk daftar cedera. “PPSM tim yang berkualitas. Semua pemainnya wajib diwaspadai,” ucapnya.

Kewaspadaan terhadap PPSM memang bukan sekadar pujian pada mantan klub. Apalagi di dua laga pembuka terakhir lawan PPSM, Persis Solo tak bisa menang.

Pada kompetisi Divisi Utama 2014 lalu, Persis Solo ditahan imbang 2-2 di Manahan. Setahun kemudian PPSM malah mengalahkan Persis 3-2 di pembukaan Piala Kemerdekaan. Tiga hari latihan wajib dimaksimalkan untuk menguatkan skema bermain.

Leave a Reply